Selasa, 16 Desember 2014

Baju Batik Di Kota Yogyakarta

Baju batik klasik atau baju batik dengan jenis teknik pembuatan tulis dapat kita jumpai di pasar Beringharjo dengan mendatangi wilayah sebelah kiri dari arah pintu masuk gerbang utama. Harga yang ditawarkan untuk beragam jenis baju batik tulis yang ada di pasar ini relatif cukup murah, tetapi bagi yang masih awam dengan ragam jenis batik harap lebih berhati-hati jika anda adalah orang belum terlalu paham dengan beragam jenis batik. Banyak jenis baju batik di sini yang walaupun mempunyai motif yang halus seperti batik tulis tapi ternyata baju batik tersebut hanyalah sebuah batik printing atau pun hanya sebuah baju batik cap.
Berbagai ragam jenis batik tersedia di pasar ini. Selain beragam jenis busana dengan motif batik, kita juga dapat menemukan selimut batik dengan berbagai desain, berbagai macam model tas batik, kerajinan batik lainnya dan juga berbagai jenis kain dengan motif batik yang mereka jual dalam bentuk gulungan. Baju batik yang dijual di sini tidak semua merupakan batik yang asli buatan Yogyakarta. Batik yang dijual di pasar ini lebih banyak yang merupakan baju batik yang merupakan produksi kota Pekalongan atau baju batik yang merupakan produksi kota Solo.
Di daerah sebelah selatan dari pasar ini ada sebuah lokasi yang juga cukup terkenal di kota ini. Daerah yang terkenal itu adalah daerah Kauman. Daerah ini merupakan sebuah kampung yang terletak di bagian sebelah selatan daerah Malioboro dan terletak di bagian sebelah utara dari keraton. Kampung ini dibatasi oleh Jalan Ahmad Dahlan pada bagian utara dan dibatasi Jalan Kauman untuk bagian sebelah selatan. Masjid Gede yang sangat terkenal di kota ini terletak juga di Kampung ini. Setiap tahun lapangan yang ada di masjid Gede ini selalu dipergunakan sebagai tempat yang dipergunakan dalam acara tahunan grebeg yang diselenggarakan dalam acara Sekaten oleh pihak keraton. Dahulu kampung ini adalah tempat tinggal para abdi dalem pametakan atau penghulu Keraton. Abdi dalem adalah sebutan untuk para pegawai yang ada di keraton yang bertugas untuk mengurus bidang keagamaan Islam yang ada di lingkungan sekitar Keraton.


EmoticonEmoticon